Shalat Zhuhur Dua Rekaat Di Rumah Pada Hari Jumat

Shalat Zhuhur Dua Rekaat Di Rumah Pada Hari Jumat

Hai orang-orang yang beriman, apabila telah diseru untuk melaksanakan shalat pada hari Jumat, maka segeralah kamu mengingat Allah, dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (Al-Jumu’ah: 9)

Hukum shalat Jumat wajib bagi orang beriman berdasarkan firman Allah SWT di atas. Lafadz Ya ayyuhal ladzina amanu (Hai orang-orang yang beriman) mencakup pria dan wanita. Jadi, wanita wajib juga melaksanakan shalat Jumat dua rekaat. Ini pendapat syadz.

Teks ayat di atas ~secara dhahir~ dipahami sebagian kaum muslimin bahwa shalat Zhuhur empat rekaat di hari Jumat tidak ada. Sebagian kaum muslimin tersebut menisbatkan fiqih aneh ini kepada madzhab Zhahiri.

Shalat Zhuhur Dua Rekaat Pada Hari Jumat

ANEH. SHALAT JUMAT DI RUMAH

Bukan ciri ahlus sunnah wal jamaah bila menetapkan hukum fikih ~seakan-akan berdasarkan teks ayat~ tanpa mengkaji pendapat para sahabat Nabi SAW dan Imam-imam madzhab.

Shalat Jumat dua rekaat di rumah merupakan pendapat aneh. Pendapat ini nyleneh karena dua sebab. Pertama, hukum shalat Jumat bagi wanita wajib. Kedua, shalat Zhuhur dua rekaat di setiap hari Jumat tanpa sebab syar’i (seperti qashar karena safar).

SHALAT JUMAT TIDAK SAH DI RUMAH

Shalat Jumat dua rekaat di rumah tidak sah. Shalat Jumat dikatakan sah bila memenuhi beberapa syarat yaitu: adanya khutbah, harus dilakukan dengan berjama’ah, mendapat izin khalayak ramai yang menyebabkan shalat jum’at masyhur atau tersiar, jama’ah shalat Jum’at tidak lebih dari satu di satu kampung (lihat Al-Mawsu’ah Al-Fiqhiyyah, 27: 201-204).

Shalat Jumat di rumah tentu saja tidak sah. Seorang wanita di rumah tidak mungkin memenuhi syarat sah di atas. Tidak mungkin ada khutbah sebelum shalat. Tidak mungkin berjamaah sehingga shalat menjadi syiar islam.

WANITA TIDAK WAJIB SHALAT JUMAT

Ibnu Mundzir berkata dalam kitab kumpulan kesepakatan ulama karyanya,

Mereka (para ulama) sepakat bahwa Jumatan tidak wajib untuk wanita.”  (Al-Ijma’, no. 52)

Di antara dalil yang menunjukkan hal ini adalah hadits dari Thariq bin Ziyad RA  bahwa Nabi SAW bersabda:

الجُمُعَةُ حَقٌّ وَاجِبٌ عَلَى كُلِّ مُسلِمٍ فِي جَمَاعَةٍ إِلاَّ أَربَعَة : عَبدٌ مَملُوكٌ ، أَو امرَأَةٌ ، أَو صَبِيٌّ ، أَو مَرِيضٌ

Shalat Jumat adalah kewajiban bagi setiap muslim, untuk dilakukan secara berjamaah, kecuali 4 orang: Budak, wanita, anak (belum baligh), dan orang sakit.” (HR. Abu Daud 1067 dan dishahihkan Ibnu Katsir-Irsyadul Faqih, 1:190 & Ibnu Rajab dalam Fathul Bari 5:327).

Namun demikian, wanita masih diperbolehkan shalat Jumat di masjid dengan menjaga adab-adab islami (Al-Mughni, 2:243). Kalau tidak wajib, kenapa harus shalat Zhuhur 2 rekaat di rumah?

MADZHAB ZHAHIRI JUGA TIDAK MEWAJIBKAN

Di hari Jumat, wanita shalat Zhuhur di rumah dua rekaat ~karena rekaat shalat Zhuhur diganti dengan shalat Jumat~ diklaimkan kepada madzhab Zhahiri. Klaim ini tidaklah benar.

Ibnu Hazm yang bermadzhab  Zhahiri—hampir selalu berpijak pada makna tekstual suatu dalil—menyatakan bahwa wanita tidak wajib shalat Jumat. Ini bisa dilihat dalam kitab Al-Muhalla juz 5 halaman 55.  Sebaliknya, penulis belum menemukan perkataan Ibnu Hazm yang berpendapat shalat Zhuhur dua rekaat di hari Jumat bagi wanita. Walllahu ‘alam.

HADITS THARIQ BIN ZIYAD LEMAH

Budak, wanita, anak (belum baligh), dan orang sakit ~dalam hadits Thariq bin Ziyad~ dianggap lemah. Sebab itu, bukan pengecualian dalam QS. Al-Jumuah : 9. Semua wajib shalat Jumat.

Karena tidak ada hadits shahih ~menurut mereka~ berlakulah hadits Ibnu Umar ra, sebagai pijakan untuk mengganti shalat Zhuhur menjadi dua rekaat di hari Jumat. Rasulullah SAW bersabda,

Shalat ketika safar itu dua rekaat, shalat Iedul Adha dua rekaat, shalat Iedul Fithri dua rekaat, shalat Jumat dua rekaat sempurna tanpa dipendekkan sesuai dengan perkataan Nabi SAW” (HR. Ahmad, Nasai, Ibnu Majah)

Kalaupun hadits Thariq bin Ziyad dianggap lemah ~padahal dishahihkan oleh sebagian ulama~ hadits Ibnu Umar di atas bukan dalil yang menjelaskan wanita shalat Zhuhur dua rekaat pada hari Jumat.

 baca juga: Waktu-Waktu Dilarang Shalat

WANITA SHALAT ZHUHUR EMPAT REKAAT DI RUMAH

Kaum hawa dan orang yang udzur tidak shalat Jumat dia wajib melaksanakan shalat Zhuhur. Sahabat Ibnu Mas’ud RA menasehati nenek Abdullah bin Ma’dan,

إِذَا صَلَّيْتُنَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ مَعَ الْإِمَامِ فَصَلِّينَ بِصَلَاتِهِ، وَاذَا صَلَّيْتُنَّ فِي بُيُوتِكُنَّ فَصَلِّينَ أَرْبَعًا

Apabila kalian pada hari Jumat ikut shalat bersama imam (Jumatan) maka shalatlah sebagaimana shalatnya imam (2 rakaat). Dan jika kalian shalat di rumah, shalatlah empat rakaat.” (HR. Abdurrazaq dalam Mushanaf 5273).

Begitu juga Lajnah Daimah memfatwakan:

Jika wanita shalat Jumat bersama imam masjid, maka itu sudah cukup baginya sehingga tidak perlu shalat dzuhur, sehingga tidak boleh melaksanakan shalat dzuhur di hari itu (setelah Jumatan). Namun jika dia shalat sendirian maka tidak ada kewajiban shalat baginya, kecuali shalat dzuhur, dan dia tidak boleh shalat Jumat (2 rakaat). (Majmu’ Fatawa, 7:337). Wallahu a’lam.

%d bloggers like this: