Operasi Tongue Tie

operasi tongue tie

Ustadz, kondisi lidah anak saya bermasalah. Ada semacam benang yang mengikat (bawaan lahir). Dalam istilah kedokteran disebut “tongue tie”. Jika dibiarkan, biasanya setelah dewasa akan cadel (tidak dapat mengucapkan huruf “r”. Dokter menyarankan untuk mengoperasinya. Saya khawatir, kalau-kalau itu termasuk mengubah ciptaan Allah. Bagaimanakah para ulama memandang masalah ini? (Hamdan–Banten)

BACA JUGA: Hukum Tranplantasi Organ Orang Mati

Allah melarang kita mengubah keadaan kita diciptakan secara umum. Allah berfirman, “Dan setan berkata, ‘Aku benar-benar akan mengambil dari hamba-hamba-Mu bagian yang sudah ditentukan (untukku) dan aku benar-benar akan menyesatkan mereka, dan akan membangkitkan angan-angan kosong pada mereka, dan akan menyuruh mereka (memotong telinga-telinga binatang ternak), lalu mereka benar-benar memotongnya, dan akan aku suruh mereka (mengubah ciptaan Allah), lalu mereka benar-benar mengubahnya.’” (QS. An-Nisa’: 118-119)

Rasulullah n pun telah menjelaskan larangan mengubah ciptaan Allah dengan alasan kecantikan. Beliau bersabda, “Allah melaknat wanita-wanita yang mentato dan yang meminta untuk ditatokan, yang mencukur (menipiskan) alis dan yang meminta dicukur, yang mengikir gigi supaya kelihatan cantik dan mengubah ciptaan Allah.” (HR. Muslim, no. 3966)

Dari sabda beliau yang menerangkan keharaman mengubah ciptaan Allah dengan alasan kecantikan, para ulama membolehkannya dengan alasan kesehatan. Operasi hernia, operasi bibir sumbing dan operasi Tongue Tie seperti yang saudara tanyakan termasuk yang dikecualikan dari hukum haram. Wallahu a’lam. [-]

 

 

%d bloggers like this: