Monogami atau Poligami

Monogami atau Poligami

Ustadz, pada dasarnya aturan pernikahan menurut Islam itu monogami atau poligami? Adakah dalil berupa ayat al-Quran atau hadits shahih yang menjelaskannya? Terima kasih atas jawabannya. (Farhan—Solo)

 

BACA JUGA: Poligami Itu Solusi, Bukan Diskriminasi

 

Masalah ini termasuk masalah yang diperselisihkan oleh para ulama. Sebagian berpendapat, pada asalnya adalah poligami. Pijakannya, dalam QS. An-Nisa’: 3, Allah memulai perintahnya dengan, “Hendaklah kalian menikahi perempuan yang baik buat kalian: dua, tiga, atau empat,” dan Allah baru memerintahkan satu saja karena suatu kondisi.

Sebagian ulama berpendapat, pada asalnya adalah monogami. Pijakannya, meskipun disebut karena suatu kondisi—yakni khawatir tidak adil, monogami lebih menyelamatkan laki-laki dari ketidakadilan. Belum lagi, Allah sendiri mengisyaratkan bahwa berbuat adil dalam hal ini bukan perkara yang mudah. Di dalam QS. An-Nisa’: 129 Allah berfirman, “Sekali-kali kamu tidak akan dapat berbuat adil di antara para istri walaupun kamu sangat menginginkannya.”

Bagaimanapun, keadaan dan kemampuan satu laki-laki dengan yang lain beragam. Laki-laki muslim mana pun yang yakin dia dapat berbuat adil—dan dia pun sudah berkonsultasi dengan orang-orang terpercaya dalam urusan pernikahan dan poligami, dia boleh berpoligami. Menikahi lebih dari satu perempuan sama dengan menikahi satu perempuan dalam hal hukum. Bisa jadi wajib, sunnah/mustahab, makruh, dan bahkan bisa jadi juga haram. Wallahu a’lam. []

%d bloggers like this: