Hukum Minum Sambil Berdiri

Hukum Minum Sambil Berdiri

Ustadz, selama ini saya diajari oleh orang tua saya untuk tidak minum sambil berdiri. Namun, baru saja saya mendengar kajian yang menjelaskan bahwa tidak mengapa kita minum sambil berdiri. Manakah pendapat yang lebih benar? (Ahsan—Solo)

 

BACA JUGA: Sehat Dengan Tidak Makan dan Minum Sambil Berdiri

 

Ada hadits-hadits yang berisi larangan minum sambil berdiri, dan ada pula hadits-hadits yang berisi berita bahwa Rasulullah ﷺ pernah minum sambil berdiri. Semuanya shahih. Hadits-hadits larangan di antaranya diriwayatkan oleh Imam Muslim no. 2024, 2025 dari sahabat Anas dan Abu Sa’id al-Khudhri bahwa Nabi ﷺ melarang minum sambil berdiri.

Sedangkan di hadits no. 2027 Imam Muslim meriwayatkan berita bahwa Nabi pernah minum sambil berdiri. Demikian pula riwayat Imam al-Bukhari no. 1637.Beliau mengutip pernyataan Ibnu ‘Abbas Rahimahumullah, “Aku pernah memberi minum Rasulullah ﷺ dari Zamzam dan beliau meminumnya sambil berdiri.”

Para ulama—di antaranya Imam an-Nawawi mengompromikan hadits-hadits yang kontradiktif ini dengan mengatakan bahwa larangan dalam hadits-hadits pertama tidak bermakna pengharaman. Hanyasanya itu adalah kabar bahwa yang utama adalah dengan duduk. Adapun praktik dari Rasulullah ﷺ. menunjukkan bahwa minum sambil berdiri itu boleh. Wallahu a’lam. [-]

 

 

dibuka peluang menjadi agen dikota anda,
info dan pemesanan majalah fikih hujjah
hubungi:

Tlp: 0821-4039-5077 (klik untuk chat)

Medsos

facebook: @majalah.hujjah

Instagram: majalah_hujjah

website: www.hujjah.net

%d bloggers like this: