Ensiklopedi Fikih Persembahan Negara Kuwait

Al-Mausu’ah Al-Fiqhiyah Al-Kuwaitiyah

Kitab  : Al-Mausu’ah Al-Fiqhiyah Al-Kuwaitiyah

Karya  :  Kementrian Wakaf Kuwait

Ilmu fikih merupakan ilmu yang sangat penting untuk dipelajari, dengan ilmu fikih seseorang dapat mengetahui kebenaran atau kesalahan baik dalam amal ibadahnya maupun muamalahnya. Dengan demikian setiap muslim akan membutuhkan ilmu fikih dalam segala keadaannya.

Di tengah-tengah perubahan zaman seperti sekarang ini, yaitu zaman yang penuh dengan peristiwa fitnah dan syubhat, maka umat Islam membutuhkan sebuah rujukan ilmu fikih yang mencangkup seluruh persoalan yang ada, dari ibadah, muamalah, ahkam (hukum-hukum), bahkan dalam persoalan kontemporer sekalipun.

Sebagai umat Islam tentunya kita mendambakan sebuah rujukan untuk semua permasalahan agama, yang lengkap mewakili semua mazhab para ulama. Memaparkan pendapat-pendapat mereka beserta dengan dalil dari al-Qur’an, as-Sunnah, Ijma’, Qiyas dan berbagai sumber fikih lainnya. Sehingga rujukan tersebut dapat menjadi perbandingan bagi umat Islam untuk mempelajari hukum sebuah masalah.

Dan inilah sebuah kitab, al-Mausu’ah alFiqhiyah al-Kuwaitiyah, yang disusun oleh para ulama atas dukungan Kementrian Waqaf Kuwait, sebuah kitab fikih perbandingan yang mencangkup seluruh hukum dalam kehidupan.
Kitab al-Mausu’ah al-Fiqhiyah alKuwaitiyah termasuk kitab yang besar, karena kitab ini berjumlah 45 jilid, ratarata setiap jilidnya mencapai kurang-lebih 436 sampai 450 halaman. Kitab ini tidak disusun berdasarkan mazhab tertentu, tetapi semua mazhab fiqih Islam yang ada dijelaskan satu persatu dengan lugas, lengkap dengan dalil dan kitab-kitab rujukan kepada masing-masing mazhab.

BACA JUGA:  Kitab Fikih Maliki Untuk Pemula AL-KHALASHAH AL-FIQHIYYAH

Kitab ini juga tidak disusun berdasarkan bab-bab fikih seperti pada umumnya, tetapi disusun materinya berdasarkan abjad dari alif sampai ya’. Maka kitab ini cocok disebut sebagai Ensiklopedi Fikih. Dan cara ini tentu sangat memudahkan bagi para peneliti, dosen, mahasiswa atau masyarakat umum yang ingin cepat mendapatkan rujukan.

Kitab ini bukan karya satu ulama saja, tetapi ini adalah karya sekelompok yang terdiri dari ratusan para ulama yang pakar di bidangnya dari berbagai belahan dunia. Mereka bekerja siang malam menyusun, meneliti, membahas, mendiskusikan, membedah kitab-kitab rujukan sehingga akhirnya selesai dan kitab yang besar ini diterbitkan.

Permasalahan fikih yang kerap tidak tercantum di dalam kitab-kitab lain, ternyata di dalam kitab ini semua dijelaskan dengan sangat lengkapnya. Selain itu kajiannya sangat mendalam dan luas. Hampir semua materi diberi catatan kaki yang menginformasikan sumber rujukan dari kitab-kitab fikih yang muktabar.

Kitab ini menghindari pentarjihan perbedaan pendapat yang bersifat pribadi. Semua pendapat dijabarkan dengan adil dan lengkap, tapi tanpa kesimpulan mana yang benar atau salah. Kalau pun ada kesimpulan maka akan disebutkan bahwa jumhur ulama mengambil pendapat tertentu.

Kitab ini sangat lengkap sehingga sangat cukup sebagai referensi pembahasan fikih untuk orang awam maupun pengkaji ilmu fikih. Bahkan, hanya dengan membaca kitab ini kita akan memiliki pengetahuan berdasarkan pandangan 4 madzhab yang masyhur untuk setiap pembahasan fikih, ini tentunya sangat memudahkan bagi umat Islam.

Kitab ini diawali dengan pendahuluan yang mengajarkan kepada pembaca untuk mempelajari dasar-dasar persoalan fikih. Dari pengertian, asal-usulnya, sejarah perkembangan fikih dengan berbagai mazhab yang ada, istilah-istilah yang digunakan dalam fikih, dan lain sebagainya.

Di antara yang sangat menarik adalah pada setiap jilidnya selalu disertakan biografi singkat para ulama dan tokoh yang disebutkan dalam jilid tersebut, tanpa terkecuali. Dan disertakan rujukan dari mana biografi itu dinukil. Ini adalah satu hal yang cukup menarik dan jarang bahkan tidak didapatkan pada kitab-kitab yang lain.

Kitab dengan 45 jilid ini sudah tersedia dalam bentuk PDF, sehingga sangat mudah sekali untuk memilikinya secara gratis. Bahkan kitab ini juga tersedia dalam format Maktabah Syamilah, dengan seperti ini akan mempermudah bagi siapa saja yang ingin menela’ahnya, terutama bagi para santri dan para thalibul ilmi. Untuk cetakan pertama kitab ini diterbitkan oleh Penerbit Dar ash-Shafwah Mesir, sedangkan untuk cetakan ke dua diterbitkan oleh Dar as-Salasil Kuwait.

(Disarikan dari mukaddimah alMausu’ah al-Fiqhiyah al-Kuwaitiyah cetakan Dar as-Salasil Kuwait, tahun 1983 M, dan beberapa situs Islam).

%d bloggers like this: