Diskon yang Riba

Diskon Riba

Ada model baru jual beli rumah. Katanya bebas riba, meskipun dibeli secara kredit—pembayaran secara berangsur. Akadnya begini, apabila si pembeli melunasi dalam waktu 10 tahun, maka harganya 300 juta rupiah. Sedangkan bila ia dapat melunasinya dalam waktu 5 tahun, maka ia mendapatkan diskon 100 juta rupiah. Benarkah dalam transaksi ini tidak ada ribanya? (Firdaus—Surabaya)

 

Diskon Riba

Memperhatikan penggambaran yang saudara berikan, akad atau transaksi seperti yang saudara gambarkan masih mengandung larangan syariat. Setidaknya ada dua larangan.

Pertama, adanya dua harga dalam satu transaksi yang membuat akad atau transaksi tersebut diharamkan. Memang tidak setiap dua harga dalam satu transaksi membuat transaksi haram. Namun adanya dua harga dalam transaksi seperti yang saudara gambarkan termasuk yang membuat transaksi haram. Pada penggambaran di atas, harga yang akan dibayar jadi tidak jelas, apakah 300 juta rupiah ataukah 200 juta rupiah. Waktu penyerahan uang pun tidak jelas; bisa jadi 10 tahun dan bisa pula 5 tahun.

baca juga: Riba Perusak Transaksi

Kedua, adanya hilah ribawiyah (menyiasati riba). Memang penyiasatan ini tidak begitu kentara. Namun jika direnungkan sejenak saja, maka akan terasa bahwa diskon 100 juta itu adalah jumlah yang harus dibayar oleh pembeli apabila ia tidak melunasinya dalam kurun waktu 5 tahun. Maknanya, diskon di sini adalah ribanya. Wallahu a’lam.[]

%d bloggers like this: