Dana Operasional Lazis dari Zakat, Bolehkah?

Ustadz, saya karyawan sebuah Lazis. Selama ini untuk operasional Lazis kami menggunakan sebagian dana zakat. Beberapa hari yang lalu saya mendengar, penjelasan seorang Ustadz yang isinya, operasional lazis tidak boleh diambilkan dari zakat. Benarkah demikian? Jika benar, dari dana apa saja kami boleh menggunakan untuk operasional Lazis kami?

 

Baca Juga: Bolehkah Zakat Fitri Diberikan Kepada Lembaga Pendidikan?

 

Para ulama sepakat bahwa para amil zakat adalah mereka yang ditunjuk oleh Imam untuk mengumpulkan zakat dari mereka yang berhak. Setelah mereka sepakat dalam hal pengumpulan, mereka berbeda pendapat, apakah pekerjaan mendistribusikannya termasuk tugas amil. Madzhab Hanafi membatasi tugas amil dengan mengumpulkannya saja, sementara jumhur ulama memperluas tugasnya, termasuk mendistribusikannya. [ Al-Mabsuth, 3/9; Badai’ush Shanai’, 2/43; Al-Kafi hal. 114, Minah al-Jalil 2/86; al-Umm 2/91, Rawdhatuth Thalibin 2/313; Asy-Syarhul Kabir 7/222 dan Kasyaful Qina’ 2/274] Dari kedua pendapat ini pendapat jumhur ulama lebih selaras dengan maksud dari disyariatkannya zakat, yakni menyampaikannya kepada yang berhak, bukan hanya mengambilnya dari yang wajib membayarnya.

Lantara kesepakatan mereka pada poin pertama, maka Lazis-lazis yang ada di negeri ini dimana kebanyakannya berdiri tidak atas perintah dari pemerintah yang sah secara syar’i, maka Lazis-lazis itu semacam orang-orang yang membantu para wajib zakat untuk mendistribusikannya kepada yang berhak. Dari situ, mereka tidak mendapatkan bagian dari zakat, sebab mereka bukan amil. Dan dari situ pula, dana hasil zakat tidak boleh digunakan untuk operasional Lazis. Jika Lazis membutuhkan biaya untuk distribusi zakat, Imam an-Nawawi [Rawdhatuth Thalibin 2/313] mengisayaratkan, hendaknya hal itu dibebankan kepada muzakki (mereka yang wajib zakat).

Tentu tidak harus dari muzakki. Boleh juga kebutuhan dana operasional diambilkan dari dana infaq, sedekah, atau hibah dari masyarakat. Wallahu a’lam.

%d bloggers like this: