Daging Sapi: Manfaat Medis di Balik Ibadah Kurban

Daging Sapi: Manfaat Medis di Balik Ibadah Kurban

Di antara nikmat besar yang Allah karuniakan kepada umat Islam adalah penghalalan unta, sapi, dan kambing. Ketiga hewan ternak tersebut boleh dimanfaatkan susu, daging, dan kulitnya oleh umat Islam. Lebih dari itu, ketiga hewan ternak tersebut disyariatkan untuk disembelih sebagai sarana beribadah kepada Allah. Itulah syariat kurban (udhhiyah) dan hadyu bagi jama’ah haji.

Allah SWT berfirman, “Dan supaya mereka menyebut nama Allah pada hari yang telah ditentukan (yaitu tanggal 10 – 13 Dzulhijah) atas rezki yang Allah telah berikan kepada mereka berupa binatang ternak (yaitu unta, sapi, kerbau, kambing, dan domba). Maka makanlah sebagian darinya dan (sebagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara dan fakir.” (QS. Al-Hajj: 28)

Khusus unta, sapi, dan kerbau, setiap seekor boleh dikurbankan oleh tujuh orang berdasar hadits dari Jabir RA yang berbunyi, “Kami bersama Rasulullah SAW terhalang musuh (dari melaksanakan umrah) di wilayah Hudaibiyah, maka kami menyembelih seekor unta untuk setiap tujuh orang dan seekor sapi untuk setiap tujuh orang.” (HR. Muslim, Abu Daud, at-Tirmidzi, an-Nasai dan Ibnu Majah)

Di Indonesia, sapi adalah hewan kurban yang paling sering disembelih setelah kambing dan domba. Sebagian umat Islam pada masa penyembelihan kurban tidak mau mengkonsumsi daging kambing dan domba, baik karena alasan baunya maupun khawatir terhadap kemungkinan kolesterol dan darah tinggi. Namun hal tersebut tidak terjadi pada daging sapi. Hampir tidak ada umat Islam yang berpantangan terhadap daging sapi. Daging sapi relatif tidak mengandung bau menyengat. Dagingnya juga lebih banyak dan lebih nikmat dikonsumsi dibandingkan daging kambing dan domba.

Kandungan gizi dalam daging sapi

Bagaimana dengan kandungan gizi dalam daging sapi? Penelitian dunia kesehatan menunjukkan bahwa daging sapi juga memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi. Menurut situs pengawas makanan US, USDA and Nutrition, daging sapi adalah sumber protein yang baik, sumber zat besi, vitamin B 12, Selenium, dan rendah sodium. Secara umum, dalam 100 gram daging sapi terkandung protein 27 gram dan kalori 332 kal.

Berikut ini adalah uraian singkat tentang kandungan nutrisi dalam daging sapi dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh manusia:

  1. Protein

Salah satu sumber protein hewani yang sangat besar adalah daging sapi. Protein sangat penting bagi tubuh. Protein adalah nutrisi yang berfungsi untuk perkembangan otak balita dan anak-anak. Selain itu, protein juga berperan sebagai pembentuk otot-otot baru di dalam tubuh. Pada setiap 100 gram daging sapi tanpa lemak terkandung 60 persen dari nilai kecukupan harian untuk protein.

  1. Zat besi

Daging sapi mengandung zat besi yang sangat tinggi. Zat besi sangat penting bagi tubuh manusia karena dapat menghindarkan dari penyakit anemia. Jika seseorang terkena anemia, daging sapi juga dapat menjadi salah satu alternatif obatnya. Anemia dapat menyebabkan seseorang merasa lemas dan lesu, sehingga mengganggu produktivitas dan aktivitasnya sehari-hari. Zat besi juga dapat menjadi benteng pertahanan bagi tubuh manusia melawan penyakit, karena dapat meningkatkan dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

  1. Selenium dan Zinc

Daging sapi mengandung unsur selenium dan zinc. Selenium merupakan suatu zat yang berfungsi membentuk antioksidan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada anak-anak.

Zat lain yang juga membantu tubuh manusia meningkatkan kekebalannya adalah zinc. Zinc membantu mencegah kerusakan pada dinding pembuluh darah. Kerusakan tersebut berkontribusi terhadap penyempitan pembuluh darah. Selain itu zinc melancarkan sistem pencernaan dan membantu proses pembentukan sperma pada kaum pria. Daging sapi tanpa lemak memiliki kandungan zinc enam kali lebih banyak daripada daging lainnya.

  1. Vitamin B kompleks

Daging sapi mengandung vitamin B kompleks yang berfungsi membantu sistem kerja otak. Dengan pasokan vitamin B kompleks yang cukup ke otak, manusia lebih mampu mempertajam daya ingat dan berkonsentrasi dengan lebih baik.

  1. Omega 3

Selain terkandung pada ikan, Omega 3 juga banyak terdapat pada daging sapi. Omega 3 bermanfaat untuk membantu sistem kerja jantung, hati, dan sistem saraf pusat yaitu otak. Pada setiap 150 gram daging sapi terdapat 30 gram asam lemak omega 3.

  1. Lemak

Daging sapi tidak terlepas dari lemak yang dikandungnya. Fungsi lemak adalah untuk meningkatkan energi dan sumber tenaga bagi tubuh untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

baca juga: Berkah Kesehatan Dalam Daging Kurban

Konsumsi daging sapi secara wajar

Di samping manfaatnya, daging sapi juga memiliki kandungan lemak yang jika dikonsumsi secara berlebihan akan merugikan kesehatan. Menurut situs pengawas makanan US, USDA and Nutrition, pada setiap 100 gram daging sapi terkandung kolesterol 78 mg. Mengkonsumsi daging sapi secara wajar tanpa berlebih-lebihan merupakan perintah syariat dan saran dunia medis. Wallahu a’lam bish-shawab.

 

Sumber:

www.manfaat.co.id

www.kesehetanpedia.com

www.tempo.co

www.kompas.com

 

 

%d bloggers like this: