Berkah Kesehatan Dalam Daging Kurban

Berkah Kesehatan Dalam Daging Kurban

Hari Raya Idul Adha dan tiga hari Tasyriq sesudahnya biasanya mendatangkan kegembiraan tersendiri bagi kaum muslimin. Dalam keempat hari tersebut umat Islam bisa menikmati daging kurban secara gratis. Setiap tahun, jumlah kurban kambing di Indonesia jauh lebih banyak daripada kurban sapi dan kerbau. Meskipun lezat, banyak orang yang menghindari makan daging kambing karena khawatir terhadap efek negatifnya. Bagaimana sebenarnya efek daging kambing terhadap kesehatan manusia?

KANDUNGAN GIZI DAGING KAMBING

Berdasarkan NutritionData.com, setiap 100 gram daging kambing memiliki beberapa nutrisi yang cukup tinggi. Kalori: 234 kkal, lemak: 11 g (17 % dari kebutuhan harian tubuh kita), lemak jenuh: 5 g (26 % dari kebutuhan harian), kolesterol: 109 mg (36 % dari kebutuhan harian), sodium: 135 mg (6% dari kebutuhan harian), protein: 33 g. Selain itu kebutuhan harian terhadap zat besi juga terpenuhi sekitar 26 %.

MANFAAT DAGING KAMBING BAGI KESEHATAN

Mengutip dari Health Me Up dan NutritionData.com, daging kambing sebenarnya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan jika dikonsumsi secara benar dan tidak berlebihan. Allah berfirman, “Makanlah dan minumlah kalian, namun janganlah berlebihan!” (al-A’raf: 31)

Di antara manfaat daging kambing adalah:

  1. Sumber energi yang cukup besar

Daging kambing adalah sumber energi yang cukup besar untuk beraktivitas sehari-hari. Kandungan kalori, lemak, dan protein akan menjaga tubuh tetap fit selama mengkonsumsi daging ini. Protein dalam daging kambing bertindak sebagai agen penekan kelaparan dan menjaga perut kenyang lebih lama.

  1. Menyehatkan jantung

Dalam 100 gram daging kambing, kurang lebih hanya memiliki 1 gram kolesterol. Ini berarti daging kambing cukup baik untuk turut serta menjaga kesehatan jantung dan menghindarkan diri dari risiko kolesterol. Daging kambing juga bisa meredakan peradangan, menstabilkan ritme jantung,dan menurunkan risiko atherosclerosis dan penyakit jantung koroner.

  1. Mencegah kanker

Daging kambing adalah salah satu terbaik bagi sumber zat besi, Vitamin B, kolin, dan selenium. Kandungan kolin dan selenium mampu menangkal kanker. Daging kambing juga merupakan sumber asam linoleat terkonjugasi (CLA). Asam lemak ini bisa membantu mencegah kanker dan kondisi peradangan lainnya.

  1. Mengontrol berat badan

Kandungan Vitamin B dalam daging kambing bisa membantu membakar lemak. Kondisi daging kambing yang mengandung jumlah protein tinggi tanpa lemak dan lemak jenuh rendah juga bisa membantu mengontrol berat badan dan mengurangi risiko obesitas.

  1. Mengurangi risiko bayi cacat

Dengan kandungan zat besi yang tinggi, daging kambing bermanfaat bagi mencegah anemia selama kehamilan pada ibu dan bayi. Konsumsi daging kambing selama kehamilan meningkatkan kadar hemoglobin darah pada ibu dan suplai darah ke bayi. Selain itu mengonsumsinya saat hamil bisa mengurangi risiko cacat lahir pada bayi, seperti cacat tabung syaraf.

  1. Mengurangi nyeri saat haid

Daging kambing membantu pemulihan zat besi di kalangan perempuan saat menstruasi dan memberikan bantuan saat nyeri haid.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Dengan adanya kandungan Vitamin B12, daging kambing membantu manusia mendapatkan kulit yang sehat.

  1. Menjaga sistem syaraf

Dalam 100 gr daging kambing terkandung vitamin B12 sebesar 4.4 mcg atau 74% dari kebutuhan harian. Vitamin ini sangat berguna dalam menjaga sistem syaraf tubuh manusia.

  1. Mencegah penyakit ginjal dan stroke

Kaya kalium dan rendah sodium, daging kambing bisa membantu mencegah penyakit ginjal dan stroke. Selain itu, zat-zat ini juga membantu meningkatkan metabolisme energi.

  1. Menjaga kesehatan tulang

Daging kambing kaya akan kalsium yang membantu menguatkan tulang dan gigi. Kandungan fosfor sebesar 272 mg dalam 100 gram daging kambing memenuhi 27% kebutuhan harian terhadap fosfor,  salah satu zat yang dapat menjaga kekuatan dan kesehatan tulang.

  1. Meningkatkan HDL (kolesterol baik)

Dalam setiap 100 gr daging kambing terkandung 6,5 mg niacin (vitamin B3) atau 33 % dari kebutuhan harian tubuh manusia. Niacin dapat meningkatkan kandungan HDL dalam darah, sehingga manusia tidak perlu terlalu khawatir dengan lemak jahat di dalam darahnya.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Daging kambing memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Setiap 100 gram dapat memenuhi 26 % kebutuhan harian zat besi tubuh kita. Salah satu manfaat zat besi adalah untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Wallahu a’lam bish-shawab.

baca juga: Daging Sapi: Manfaat Medis di Balik Ibadah Kurban

 

Sumber:

sindonews.com

manfaat.co.id

NutritionData.com

 

 

Hikmah: aslam

%d bloggers like this: