Sedekah Skema Ponzi

sedekah skema ponzi

Ustadz, saya mendapatkan iklan “Kaya dengan Sedekah” (bukan nama yang sebenarnya). Saya diminta mendaftar ke sebuah situs online sebagai mutashaddiq (orang yang bersedekah) dengan membayar sejumlah uang. Setelah saya mentransfer, saya akan mendapatkan duplikasi situs tersebut dan punya hak untuk mencari mutashaddiq lain. Dari setiap orang yang mendaftar lewat situs saya, saya mendapatkan sejumlah uang. Demikian pula dari downline-nya dan seterusnya sampai kedalaman 7 level. Potensi keuntungan yang saya dapatkan bisa ratusan kali dari uang yang telah saya transfer. Bolehkah praktik ini? (Muslim—Solo)

BACA JUGA:  Transaksi Al-Wadi’ah

Praktik yang Saudara tanyakan itu adalah bentuk lain dari Skema Ponzi selain Multi Level Marketing, Referral Marketing, dan lain sebagainya. Pada asalnya, Skema Ponzi adalah modus investasi palsu yang membayarkan keuntungan kepada investor dari uang yang dibayarkan oleh investor berikutnya, bukan dari keuntungan yang diperoleh oleh individu atau organisasi yang menjalankan operasi ini. Skema Ponzi biasanya membujuk investor baru dengan menawarkan keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan investasi lain.

Dinamakan Skema Ponzi karena pengidenya adalah Charles K Ponzi (1920). Atas praktik Skema Ponzi yang menjadi cikal bakal MLM ini, Ponzi telah ditangkap dan dipenjara karena terbukti menipu dan merugikan banyak pihak.

Jika kita ingin kaya dengan sedekah—meskipun yang terbaik kita hanya mengharapkan ridha Allah—seyogianya hanya meminta kepada Allah, di samping kita tetap berusaha mencari rezeki dengan cara yang halal dan baik. Mari jauhi praktik Skema Ponzi, baik yang murni maupun yang telah berubah bentuk dan nama. Wallahu a’lam.

%d bloggers like this: